9 JANUARY 2017 BY NELLYANDRIYANA
Artikel
tentang Organisasi dan Arsitektur Komputer
ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER. STRUKTUR DAN FUNGSI UTAMA KOMPUTER.
KONSEP DASAR OPERASI KOMPUTER
Komputer adalah sebuah
mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan
digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang
tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang
dihasilkan setelah diolah. Daftar perintah tersebut dinamakan program komputer
dan unit penyimpanannya adalah memorikomputer. Dalam bentuk yang paling
sederhana komputer terdiri dari lima bagian utama yang
mempunyai fungsi
sendiri-sendiri. Unit-unit tersebut adalah: masukan, memori, aritmetika
dan logika, keluaran dan kontrol
PENGERTIAN DAN PERBEDAAN ORGANISASI KOMPUTER DENGAN
ARSITEKTUR KOMPUTER
I. PENGERTIAN
Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑
atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set
instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Organisasi
Komputer mempelajari bagian
yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen
sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
ADVERTISEMENT
REPORT THIS AD
II. PERBEDAAN
Arsitektur
Komputer
Adalah konsep
perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional
dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan
sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU
akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori
cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer
ini adalah Arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.
Dalam bidang
teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut
sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.
Arsitektur komputer ini
merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi
perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai
bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari
dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari
arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene,
dll.
Arsitektur
komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus
seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan
target biayanya.
Arsitektur komputer
mempelajari atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang
programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah
program.Sebagaimana contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur komputer ini
paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
1. Set
instruksi (ISA)
2.
Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem
desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Organisasi
Komputer
Adalah bagian
yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar
komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka,
teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Arsitektur komputer lebih
cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan
seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O.
Dan juga dapat
didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara
interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah
komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Organisasi Komputer :
Organisasi
komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit
operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer.
Contoh aspek
organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori,
dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian
atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.
Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan,
mekanisme I/O.
Sebagai contoh
apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori
merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan
tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache
adalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer
mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan
hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang
merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware,
perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal–sinyal kontrol
Perbedaaan Utamanya :
Organisasi Komputer :
– Bagian
yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
– Contoh
: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan
sinyal – sinyal control
Arsitektur Komputer :
– Atribut
– atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
– Contoh
: Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme
I/O
Struktur dan Fungsi Utama Komputer
A. Struktur Komputer
Komputer adalah sebuah sistem yang berinteraksi
dengan cara tertentu dengan dunia luar.
Interaksi dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral
dan saluran komunikasi.
Dalam buku ini akan banyak dikaji seputar struktur internal
komputer. Perhatikan gambar 1.2,
terdapat empat struktur utama:
·
Central Processing Unit (CPU),berfungsi
sebagai pengontrol operasi komputer danpusat pengolahan fungsi – fungsi
komputer. Kesepakatan, CPU cukup disebut sebagai processor(prosesor)
saja.
·
Memori Utama, berfungsi
sebagai penyimpan data.
·
_I/O, berfungsi
memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
·
System Interconnection, merupakan
sistem yang menghubungkan CPU, memori utama dan dan O/I
·
Komponen yang paling menarik namun paling
kompleks adalah CPU. Struktur CPU terlihat
pada gambar 1.2, dengan struktur
utamanya adalah :
·
Control Unit, berfungsi
untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol komputer secarakeseluruhan.
·
Arithmetic And Logic Unit (ALU),berfungsi
untuk membentuk fungsi – fungsipengolahan data komputer.
·
Register, berfungsi
sebagai penyimpan internal bagi CPU.
·
CPU Interconnection, berfungsi
menghubungkan seluruh bagian dari CPU.
B. Fungsi Komputer
Fungsi dasar sistem komputer adalah sederhana seperti
terlihat pada gambar 1.3. Pada
prinsipnya terdapat empat buah fungsi operasi, yaitu :
_ Fungsi Operasi Pengolahan Data
_ Fungsi Operasi Penyimpanan Data
_ Fungsi Operasi Pemindahan Data
_ Fungsi Operasi Kontrol
Komputer harus dapat memproses
data. Representasi data di sini bermacam–macam,
akan tetapi nantinya data harus disesuaikan dengan mesin
pemrosesnya. Dalam pengolahan data, komputer memerlukan unit penyimpanan
sehingga diperlukan suatu mekanisme penyimpanan data.
Walaupun hasil komputer digunakan saat itu, setidaknya komputer memerlukan
media penyimpanan untuk data prosesnya. Dalam interaksi dengan dunia luar
sebagai fungsi pemindahan datadiperlukan antarmuka (interface),
proses ini dilakukan oleh unit Input/Output (I/O) dan
perangkatnya disebut peripheral. Saat interaksi dengan perpindahan
data yang jauh atau dari remote device, komputer melakukan proseskomunikasi
data.
Gambar 1.4
mengilustrasikan operasi–operasi komputer. Gambar 1.4a adalah operasi
pemindahan data, gambar 1.4b adalah operasi penyimpanan data, gambar 1.4c dan
gambar 1.4d adalah operasi pengolahan data.
STRUKTUR KOMPUTER
— Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari
tiap komponen saling terkait.
Empat komponen pokok sistem
komputer:
1. Pemroses
2. Memori Utama
3. Perangkat masukan dan keluaran
4. Interkoneksi antarkomponen
a. Arsitektur mesin analisis babbage (1843)
Penemu bernama chals babbage pada
tahun 1843, dia menemukan suatu konsep pemrosesan data yang menjadi dasar kerja
computer zaman sekarang .
1) Alat mekanis
pertama yang digunakan untuk algoritma
2) Pemrograman langsung
dilakukan oleh programmer , ada augustua lovelce (penemu bahasa
pemrograman)
Arsitektur mesin
a) Bagian input, digunakan untuk membaca
intruksi – intruksi dan data dari kartu berlubang
b) Bagian penyimpanan, memuat 1000 word yang
masing –masing terdiri dari 50 digit decimal
c) Bagian pengolahan, digunakan untuk melakukan
pemroses data berdasarkan intrusi yang dilakukan kartu plong
d) Bagian output , terdiri dari output tercatat
dan tercetak yang digunakan untuk menyimpan serta menampilkan hasilnya
e) Kelemahan : mesin in belum stored program
a. Arsitektur mesin van neuman (1952)
Mewakili mesiin computer
generasi pertama yang bersifat stored program , konnsep binary menjadi tonggak
sejarah dalam terciptanya computer digital
Sketsa computer van neumen :
Arsitektur mesin :
1. Unit Input, untuk
membaca data dan instruksi yang diberikan.
2. Main Memory, terdiri
dari 4096 Word satu word memuat 40 bit biner.
3. Arithmetic Logic, sebagai bagian yang berfungsi sebagai unit pemrosesan.
4. Control Unit, sebagai
pengendali kerja antar komponen arsitektur.
5. Unit Output, untuk
menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan ALU dan CU.
a. Arsitektur
Mesin computer modem (1980).
1. Registers,
adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data
2. Arithmetic and Logic Unit (ALU), bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data
computer
3. Control Unit,
bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keseluruhan mengontrol komputer
sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi –
fungsi operasinya
4. CPU Interconnections,
adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu
ALU, unit kontrol dan register – register dan juga dengan bus – bus eksternal
CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya
1. Fungsi
CPU
a. Fungsi CPU adalah
penjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan cara
mengambil instruksi – instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya
satu persatu sesuai alur perintah
b. Proses Eksekusi Program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang
terdiri dari dua langkah, yaitu operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi
pelaksanaan instruksi (execute)
c. Siklus Fetch Eksekusi Program :
1) CPU awalnya akan membaca instruksi dari memori
2) Terdapat register dalam CPU yang berfungsi mengawasi dan
menghitung instruksi selanjutnya, yang disebut Program Counter (PC).
3) PC akan menambah satu hitungannya setiap kali CPU
membaca instruksi.
4) Instruksi – instruksi yang dibaca akan dibuat dalam
register instruksi (IR).
2. AKSI-AKSI
DI DALAM CPU.
a. CPU –
Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya
b. CPU – I/0,
perpindahan data dari CPU ke modul I/0 dan sebaliknya
c. Pengolahan
Data, CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan
logika terhadap data
d. Kontrol, merupakan
instruksi untuk pengontrolan fungsi atau kerja. Misalnya instruksi pengubahan
urusan eksekusi
3. SIKLUS
INSTRUKSI DALAM CPU.
a. Instruction
Addess Calculation (IAC),yaitu mengkalkulasi atau
menentukan alamat instruksi berikutnya yang akan dieksekusi. Biasanya
melibatkan penambahan bilangan tetap ke alamat instruksi sebelumnya
b. Instruction
Fetch (IF), yaitu membaca atau pengambil instruksi dari lokasi memorinya ke
CPU
c. Instruction
Operation Decoding (IOD),yaitu menganalisa instruksi untuk
menentukan jenis operasi yang akan dibentuk dan operand yang akan
digunakan
d. Operand
Address Calculation (OAC),yaitu menentukan alamat operand,
hal ini dilakukan apabila melibatkan referensi operand pada memori
e. Operand
Fetch (OF), adalah mengambil operand dari memori atau dari modul 1/0
f. Data
Operation (DO), yaitu membentuk operasi yang diperintahkan
dalam instruksi
g. Operand
store (OS), yaitu menyimpan hasil eksekusi ke dalam memori
4. TENTANG
INTERUPT.
a. Fungsi
interupsi adalah mekanisme penghentian atau pengalihan pengolahan instruksi
dalam CPU kepada routine interupsi. Hampir semua modul (memori dan I/0)
memiliki mekanisme yang dapat menginterupsi kerja CPU.
b. Tujuan
interupsi secara umum untuk menejemen pengeksekusian routine instruksi agar
efektif dan efisien antar CPU dan modul – modul I/0 maupun memori.
c. Setiap
komponen komputer dapat menjalankan tugasnya secara bersamaan, tetapi kendali
terletak pada CPU disamping itu kecepatan eksekusi masing – masing modul
berbeda sehingga dengan adanya fungsi interupsi ini dapat sebagai sinkronisasi
kerja antar modul.
Semoga Bermanfaat😉…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar